KASUS PADA ORGANISASI PELAYANAN SOSIAL


Tulisan saya kali ini memiliki kaitannya dengan tulisan saya yang sebelumnya yaitu “Organisasi Pelayanan Sosial”. Sekokoh apapun pohon pasti ada waktunya untuk tumbang. Begitu juga dengan halnya sebuah organisasi. Di tulisan ini akan membahas beberapa kasus yang mungkin timbul pada suatu organisasi, khususnya organisasi pelayanan social.

Layaknya organisasi pada umumnya, organisasi pelayanan social ini di dalamnya pasti terdapat struktural kepengurusan, program kerja, serta manajemen keuangan. Kasus yang terjadi pun dapat dipicu karena ketiga hal tersebut.

Pertama, structural kepengurusan. Pembagian tugas perlu dilakukan agar kegiatan internal serta eksternal dapat terkontrol dengan baik. Perlu dilakukan pengaderan agar orang yang dipilih tersebut layak menjadi pemimpin dan mampu membawahi partner kerjanya serta pandai memotivasi agar terjalin hubungan yang baik antara atasan dengan bawahan. Pada jenis organisasi pelayanan social berbentuk perkumpulan, kasus yang muncul tidaklah terlalu kompleks karena perkumpulan merupakan organisasi dalam lingkup yang kecil. Biasanya perkumpulan terbentuk dari sekolompok orang yang sudah saling kenal dekat yang juga memiliki visi dan misi yang sama sehingga komunikasi serta interaksi antar sesama tidak ada sekat. Berbeda dengan yayasan. Yayasan merupakan bentuk lain dari organisasi pelayanan social. Ruang lingkup atau cakupan dari yayasan ini cukuplah luas sehingga memicu konflik yang kompleks di dalamnya. Biasanya kekuasaan pemimpin diberian kepada para senior yang sudah memiliki pengalaman lebih banyak sedangkan para pelaksana diberikan kepada para junior. Dari sinilah terlihat adanya jarak antara atasan dengan bawahan sehingga rasa kekeluargaan satu sama lain tidak muncul. Perbedaan pikiran pun kerap terjadi karena perbedaan generasi antara atasan dengan bawahan.

Yang kedua berkaitan dengan program kerja. Dalam organisasi, program kerja harus disusun secara jelas baik kegiatan jangka pendek ataupun kegiatan jangka panjang. Hal ini agar tidak terjadi kekosongan pada tiap periode waktu kegiatan. Tidak hanya memusatkan kegiatan di lapangan, tetapi kegiatan internal perlu dilakukan secara berkala agar tiap masing-masing pengurus mengetahui progress dari organisasi yang digelutinya. Kunci dari kasus permasalahan ini adalah komunikasi yang baik antar pengurus agar tiap individu jelas serta paham dengan tugas yang harus dikerjakannya dan jangan sampai terjadi pen-double-an tugas per individu karena itu kurang bijaksana. Tiap individu wajib melakukan tanggung jawabnya masing-masing.

Yang ketiga berhubungan dengan manajemen keuangan. Dana merupakan jantung dari jalannya kegiatan operasional suatu organisasi. Berbicara soal uang memanglah sangat sensitive, maka dari awal perlu dipilih orang yang memiliki jiwa kejujuran yang tinggi. Ia harus mampu memberikan laporan yang jelas serta valid tentang laporan keuangan baik dari uang yang masuk, uang yang keluar, kas, dana dari para donatur, serta harta lainnya yang tidak berbentuk uang (misalnya: baju layak pakai, buku bekas, sembako, dll)

Terkahir, factor ini tidak datang dari factor internal sebuah organisasi, tetapi eksternal. Apa itu? Ya…pencintraan. Ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan ikut serta dalam kegiatan pelayanan social ini hanya agar dinilai sebagai orang yang dermawan. Bagi saya, orang-orang yang seperti ini tidak lebih dari orang-orang picik yang tidak memiliki hati karena mengharapkan keuntungan dari apa yang sudah dilakukannya.

Pada intinya, baik itu factor internal atau factor eksternal, lakukanlah semua tugas-tugas tersebut dengan hati karena itu semua merupakan sebuah amanah serta panggilan hati yang Tuhan titipkan kepada kita untuk membantu sesama. Lakukanlah semua dengan ikhlas dan jangan mengharapkan imbalan apapun. Tiada hal yang lebih indah selain dari pada saling berbagi.



“Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.” – MATIUS 6:3

Comments

  1. widih.. mantep gan blognya :D
    izin liat2 ya gan.. hehehe :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Cute Running Puppy