TULISAN TOU 2 KEEMPAT



ANJING DALMATIAN

Kalau ingat anjing Dalmatian saya juga jadi teringat dengan Dolly anjing Dalamatian yang dulu pernah saya pelihara. Dolly adalah anjing Dalmatian pemberian istri dari om saya dulu waktu saya masih duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar. Kata tante saya saat itu, Dolly masih berumur kurang lebih 6 bulan. Saya pikir anjing Dalmation umur 6 bulan itu badannya masih mungil, eh ternyata besar sekali… -_-

Tapi Dolly kini sudah mati saat saya duduk di bangku kelas 12 Sekolah Menengas Atas. Selain Dolly memang punya penyakit ginjal, umur 10 tahun bagi seekor anjing sudah terhitung sangat tua. Sedih banget banget banget pas Dolly mati. Sekarang kalau mau pelihara anjing lagi jadi harus mikir berkali-kali karena harus punya kesiapan hati bahwa suatu hari nanti anjing yang sudah lama kita rawat pada akhirnya juga akan mati. Anjing benar-benar sahabat manusia yang setia banget. :-(

Foto tahun 2002

Yang menarik dan unik dari anjing Dalmatian adalah coraknya yang seperti polkadot hitam yang tersebar di atas bulu putihnya. Terlebih lagi anjing Dalmatian semakin terkenal karena Walt Disney mengangkatnya ke layar lebar pada tahun 1961 dengan judul ‘101 Dalmatian’ yang kemudian dibuat film sequel-nya.

Asal usul dari anjing Dalmatian sangatlah beragam. Nama Dalmatian berasal dari provinsi Dalmatia dari Negara Kroasia. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa Dalmatian berasal dari Yugoslavia dimana seorang yang bernama Jurij Dalmatin adalah yang pertama kali mengembangbiakan Dalmatian. Namun terlepas dari itu, dengan bukti-bukti artifak yang ada menujukkan bahwa anjing Dalmatian ternyata sudah ada sejak jaman Mesir Kuno. Anjing Dalmatian sering dipakai sebagai penjaga rumah dan penunjuk jalan bagi kuda dan tuannya agar bisa sampai ke temat tujuan.

Ciri Fisik Dalmatian
  1. Kepala lebar dengan stop ada dan tidak terlalu landai. Letak telinga sedikit tinggi dan dekat dengan kepala sehingga menunjang bentuk kepala semakin terlihat kompak. Hidung berwarna solid hitam(pada spot hitam) atau coklat tua(pada spot coklat liver). Hidung dengan warna tidak solid kurang disukai. Rahang kokoh dengan gigi scissor bite. Jumlah gigi total 42 buah.
  2. Ekspresi siaga dan cerdik.
  3. Leher panjang dan kokoh dan nampak halus sampai kebagian bahu dan menyambung dengan topline yang halus.
  4. Dada harus cukup lebar dan dalam, brisket dada setidaknya harus mencapai siku kaki depan. Dari brisket ke belakang membentuk kurva yang melengkung secara teratur.
  5. Kaki depan lurus dan kokoh sedangkan kaki belakang siku dan kokoh. Telapak kaki bulat dan kasar dan tebal. Kuku berwarna putih, hitam atau coklat liver tergantung dari warna spot.
  6. Letak ekor tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Pada waktu berjalan ekor terangkat lebih tinggi sedikit dari garis topline.
  7. Perbandingan panjang dan tinggi tubuh sekitar 10:9
  8. Tinggi sekitar 19-23 inci (47,5-57,5 cm).
  9. Untuk anjing jantan, harus memiliki 2 normal testicle.
Jenis: Non-Sporting
Sifat: kuat, aktif, pandai, bertemperamen baik, dan setia
Perkiraan Usia: 9 – 15 tahun

A dog is the only thing on earth that loves you more than he loves himself. - Josh Billings

Referensi: anjing.org  

Comments

Cute Running Puppy