TULISAN TOU 2 PERTAMA



SUSHI

ARE YOU A SUSHI LOVER? YES, I AM!!! 

Saya sebagai penulis tulisan ini suka banget sama yang namanya sushi. Ya iyalah ya… Kalau saya ga suka, saya ga bakal buat tulisan ini. :-D Walaupun dulu saya takut untuk mencoba sushi karena konon sushi itu amis dan bikin enek (re: mual) yang disebabkan bahan mentahnya, tapi ternyata rasa sushi ga seburuk yang kita bayangkan kok. Ada 6 jenis sushi dengan berbagai macam varian isi yang sebenarnya dapat disesuaikan dengan lidah kita orang Indonesia. Apalagi sekarang beredar banyak sushi fusion yang sengaja dibuat agar orang Indonesia juga dapat merasakan kenikmatan sushi. Sebelumnya saya akan menjelaskan keenam jenis sushi tersebut.


  1. Nigiri Sushi; sushi ini berbentuk bola kecil dengan toping berupa ikan di atasnya. Terdapat berbagai macam jenis dalam nigirisushi. Umumnya ada tuna, udang, cumi-cumi, belut, gurita, dan telur.
  2. Norimaki Sushi; sushi beras dan makanan laut, dan lain-lain yang digulung dalam lembaran rumput laut (nori). Ada berbagai macam jenis untuk norimaki sushi seperti gulungan sushi yang berbeda dalam bahan dan juga ketebalan.
  3. Temaki Sushi; temaki sushi memiliki arti gulungan tangan. Sushi ini merupakan sushi berbentuk kerucut yang dibuat dari rumput laut (nori) yang diisi dengan nasi sushi, makanan laut, dan sayuran.
  4. Oshizushi Sushi; oshizushi merupakan sebuah jenis sushi yang unik dimana ikan ditekan ke nasi sushi di dalam sebuah kotak kayu. Berbentuk ekiben (kotak makan suang stasiun kereta api).
  5. Inari Sushi; inari sushi adalah sushi yang sangat sederhana, murah, dimana nasi sushi diisi ke dalam aburaage (tahu goreng).
  6. Chirashi Sushi; chirashi sushi adalah sebuah hidangan sushi dimana makanan laut, jamur, dan sayuran disebar di atas nasi sushi. Penyajiannya persis donburi dengan perbedaan bahwa chrashi sushi nasi sushi sedangkan donburi menggunakan beras tanpa dicampurkan bumbu.

Nah, dari keenam jenis sushi di atas, saya paling suka dengan Norimaki sushi yang biasa kita keal dengan sushi roll atau sushi gulung. Menurut saya, jenis ini yang paling cocok dengan lidah orang Indonesia karena bisa diisi dengan bahan mentah ataupun matang.

Pasti pada tahu kan kalau sushi ini adalah makanan yang berasal dari negara mana? Yap, JEPANG!!! Jepang yang merupakan Negara yang sangat maju dengan teknologinya ini juga terkenal dengan kedisiplinan para masyarakatnya. Mereka sangat menghormati tata karma atau kebudayaan yang ada serta menjunjung tinggi arti kesopanan dengan selalu menghargai hasil pekerjaan orang lain. Begitu juga dengan sushi. Orang Jepang memiliki tata cara makan sushi yang baik dan sopan guna menghargai para pembuat sushi.

Berikut merupakan bahan pelengkap yang biasa ada ketika sushi disajikan:
Sekarang, bagaimana sih cara makan sushi yang baik dan sopan?
  • Pertama adalah cara mengambil sushi. Mengambil sushi boleh dengan sumpit atau tangan asalkan dijaga keutuhannya. Tidak dianjurkan memakan sushi secara setengah-setengah untuk menghindari sushi-nya pecah dan berantakan.
  • Tidak boleh mencampurkan wasabi ke dalam soy sauce.
  • Kemudian, celupkan sushi ke dalam soy sauce secukupnya dengan posisi nasi di atas. Sushi pun juga tidak dicelupkan semuanya, hanya bagian ikan mentahnya saja untuk menjaga rasa keaslian dari sushi itu sendiri.
  • Setelah selesai memakan sushi, letakkan sumpit di atas tempatnya atau di atas mangkuk soy sauce.
  • Acar jahe yang merupakan pelengkap makan sushi sebenarnya berperan sebagain cleanser, yang harusnya dikonsumsi setelah kita memakan sebuah sushi dan sebelum memakan sushi yang lainnya.
  • Terakhir, soy sauce, wasabi, dan ginger lebih cocok digunakan ketika memakan authentic sushi. Sangat tidak dianjurkan untuk pelengkap pada sushi fusion karena dapat merusak rasa fusion dari sushi itu sendiri.
  • Seperti ini nih rangkuman cara makan sushi yang baik dan sopan:

Oke kalau gitu sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai sushi tapi rasanya kurang lengkap kalau saya ga rekomendasiin salah satu tempat makan sushi favorite saya yaitu ZUSHIODA. Selain harganya yang pas banget sama kantong mahasiswa, rasanya juga enaaaaaaaaaaaaaak banget. Dijamin nagih dan satu porsi ga bakal cukup! Let’s try, guys!!!



Referensi:
Tedja, Monica dan Anggabegood. 2014. I Heart Tokyo – A Story About Adventure, Friendship, and Love. Yogyakarta: Penerbit Andi.
http://arkiearkie.blogspot.com/2013/06/jenis-jenis-sushi.html
http://zushioda.blogspot.com/2010/05/cara-makan-sushi-yang-baik-dan-benar.html



Comments

Cute Running Puppy