TUGAS TOU 2 MINGGU PERTAMA



TEAMWORK

                Siapa sih yang ga tahu apa itu TEAMWORK? TEAMWORK atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kerjasama merupakan suatu usaha yang dilakukan orang perseorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Ada banyak contoh TEAMWORK yang dimanfaatkan dalam berbagai bidang kegiatan dan salah satunya di bidang musik. Di musik pun terdapat berbagai jenis kegiatan yang menggunakan TEAMWORK seperti; Koor, Paduan Suara, Vocal Group, Band, Ansambel, Orkestra, Perkusi, Beatbox, Acapella, pagelaran seni dan lain sebagainya. Dari banyaknya jenis kegiatan musik yang disebutkan sebelumnya, saya memilih Paduan Suara sebagai salah satu contoh TEAMWORK.



PADUAN SUARA ATAU PADUS merupakan kegiatan menciptakan nada-nada secara harmonis dan saling terpadu yang mana biasanya melibatkan minimal 20 orang atau lebih anggota termasuk conductor (diriginen) sebagai pemimpin serta pengiring musik. Pada umumnya, Paduan Suara terdiri dari 4 bagian suara yaitu Sopran, Alto, Tenor, dan Bas. Sopran merupakan suara tertinggi dari wanita dan Alto merupakan suara terendah dari wanita. Sedangkan Tenor merupakan suara tertinggi dari pria dan Bas merupakan suara terndah dari pria. Tapi terkadang, ada penambahan pembagian suara sesuai dengan aransemen atau ketentuan partitur yang sudah tersedia. Sebetulnya ada 2 jenis suara lagi, yaitu Mezzo Sopran dan Bariton. Mezzo Sopran adalah suara wanita yang berada di antara Sopran dan Alto. Sedangkan Bariton adalah suara laki-laki yang berada di antara Tenor dan Bas.



Setelah sebelumnya dijelaskan gambaran umum tentang Paduan Suara, kini saya akan menjelaskan komponen yang ada pada Paduan Suara.

·         PEMIMPIN/CONDUCTUR/DIRIGENT
Berikut merupakan ketentuan memilih Conductur/Dirigent yang baik:
1.       Memiliki sifat kepemimpinan
2.       Memiliki ketahanan jasmani dan rohani yang tangguh
3.       Simpatik; harus bisa menjadi pemberi semangat atau motivasi kepada para anggota yang lainnya
4.       Menguasai cara latihan yang efektif
5.       Memiliki daya imajinasi yang baik
6.       Memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan bermain di bidang musik
7.       Berpenampilan yang menarik

·         UNSUR MUSIK
Unsur-unsur musik yang utama adalah bunyi, nada, irama, melodi, harmoni dan bentuk lagu. Sedangkan unsur ekspresi musik adalah tempo, dinamika, warna dan cara memproduksi nada.
1.       UNSUR UTAMA
-          BUNYI DAN NADA
Bunyi dengan getaran yang teratur akan merupakan susunan rangkaian nada. Rangkaian nada yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan pencipta musik akan terdengar teratur, berurutan dan berirama. Nada sendiri adalah bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi yang memiliki kecepatan getar yang teratur. Nada biasanya disusun oleh pencipta musik dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu: Tinggi rendahnya suatu nada, panjang pendeknya nada yang tergantung dari lamanya suatu getaran, keras dan lembutnya suatu nada, bentuk dari suatu nada atau timbre, dan sistem nada digunakan untuk menentukan tangga nadanya.
-          IRAMA
Irama adalah rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar dalam musik maupun tari. Irama di dalam musik terbentuk karena perpaduan bunyi dan diam dengan selang waktu yang bermacam-macam, yang dalam suatu kesatuan musik sering disebut dengan istilah tempo. Beberapa hal yang terkait dengan unsur irama antara lain:
a.       PULSA dapat dianalogikan sebagaimana  denyut jantung yang kadang terasa menekan dan kadang tidak terasa.
b.      TEMPO adalah kecepatan gerak pulsa dalam musik atau lagu; seperti rasa lambat, sedang, atau cepat.
c.       DURASI adalah Panjang-pendek nada yang terbentuk dari lama suatu nada dibunyikan.
d.      BIRAMA adalah alunan musik yang terasa adanya ketukan yang teratur atau tetap secara berulang-ulang, ketukan yang terasa itu seringkali disebut dengan istilah maat..
e.      METRUM adalah beat (tekanan) yang dirasakan saat bernyanyi.
-          MELODI
Melodi adalah rangkaian nada-nada  yang berbunyi secara berurutan secara teratur dan mengungkapkan ide atau gagasan tertentu.
-          HARMONI
Harmoni adalah suatu bunyi serempak yang sekurang-kurangnya terjadi dari dua buah not/nada yang berlainan.
-          BENTUK STRUKTUR LAGU
Struktur lagu ini sebenarnya merupakan susunan atau hubungan antara unsur-unsur musik sehingga menghasilkan komposisi musik yang bermakna.

2.       UNSUR EKSPRESI
Ekspresi merupakan pernyataan perasaan ataupun ungkapan pikiran yang diwujudkan oleh seorang pencipta lagu ataupun oleh penyanyinya yang disampaikan kepada pendengarnya. Ekspresi dalam musik/lagu mencakup semua nuansa musik mulai dari tempo, dinamika dan warna nada.
-          Tempo adalah kecepatan irama musik yang telah dibicarakan di depan.
-          Dinamika adalah keras lunak serta tinggi rendahnya suara agar dicapai suara yang lembut, keras atau kuat. Sedangkan warna nada sangat tergantung dari bahan atau sumber suara serta gaya atau cara memproduksi nadanya.
-          Warna nada dan cara memproduksi nada; selanjutnya yang dimaksud warna nada adalah ciri khas suatu bunyi yang dihasilkan oleh suatu sumber bunyi dengan cara memproduksi nada yang bermacam-macam.

·         TEKNIK VOCAL
Teknik Vocal adalah cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring. Unsur-unsur Teknik Vocal:
1.       Artikulasi adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
2.       Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan. Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu:
-          Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
-          Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
-          Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
3.       Phrasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
4.       Sikap Badan adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
5.       Resonansi adalah usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
6.       Vibrato adalah usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
7.       Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
8.       Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
9.       Menjaga kualitas suara dengan tidak meminum minuman dingin dan memakan makanan yang mengandung minyak.

·         PENGIRING MUSIK
Berikut merupakan ketentuan memilih Pengiring Musik yang baik:
1.       Memiliki ketahanan jasmani dan rohani yang tangguh
2.       Menguasai cara latihan yang efektif
3.       Memiliki daya imajinasi yang baik karena ini berpengaruh dengan bagaimana sebuah lagu dikembangkan, dikemas, atau diaransemen kembali sehingga terdengar lebih menarik
4.       Memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan bermain di bidang musik seperti bisa membaca not balok dsb.
5.       Berpenampilan yang menarik

·         TATA PANGGUNG
Tidak hanya bernyanyi, tata panggung juga perlu diperhatikan karena tata panggung memiliki bobot penilaian tersendiri bagi para juri di perlombaan. Dari segi masuk panggung, yang pertama kali masuk ke atas panggung adalah pengiring musik, dilanjutkan dengan anggota paduan suara dan terakhir Conductur/Dirigent. Berbeda dengan keluar dari panggung, yang keluar pertama kali adalah Conductur/Dirigent, disusul dengan anggota paduan suara, kemudian pengiring musik. Conductur/Dirigent harus memberikan salam hormat sebelum dan sesudah tampil.
Mereka yang mengikuti perlombaan Paduan Suara harus memakai seragam yang sesuai agar lebih menarik mata para juri dan penonton. Untuk conductur/dirigent dan pengiring musik biasanya agak dibedakan seragamnya dengan anggota Paduan Suara.
Formasi juga harus dibentuk guna memudahkan anggota Paduan Suara dapat berkumpul dengan anggota lainnya yang memilki bagian suara yang sama agar tidak terpengaruh dengan bagian suara yang lain. Selain itu, diberikan gerakan tarian juga dapat membuat penampilan sebuah Paduan Suara menjadi lebih serasi dan menarik.

Berikut contoh ajang perlombaan Paduan Suara…


Dokumentasi Paduan Suara SMAN 4 Bekasi (Embassy Choir)
HUT Kota Bekasi th. 2011


( ada yang bisa tebak saya yang mana? :-p )



Referensi:

Comments

Cute Running Puppy