Rangkuman ISD BAB I



BAB I
ILMU SOSIAL DASAR SEBGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM





PENGERTIAN, TUJUAN, ISD DAN IPS

Pengertian Ilmu Social Dasar
Ilmu Social Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi social.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar
  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-masalah social yang ada dalam masyarakat.
  • Peka terhadap masalah-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menaggulanginya.
  • Menyadari bahawa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
  • Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah social yang timbul dalam masyarakat.
Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan:
  • Natural Science (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
  • Social Science (Ilmi-ilmu Sosial), terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
  • Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.

ISD DAN IPS

Perbedaan Antara ISD dan IPS:
  • Ilmu Sosial Dasar diberikan di Pergutuan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  • Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
  • Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intektual.
Persamaan Antara ISD dan IPS:
  •  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
  •  Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  •  Keduanyamempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.

RUANG LINGKUP ISD

Tiga Golongan Bahan Pelajaran ISD:
  • Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
  • Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
  • Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Sumber:  Harwantiyoko dan Neltje F. Katuuk. MKDU Ilmu Sosial Dasar. 1996. Jakarta: Gunadarma


Comments

Cute Running Puppy