Etika Menulis di Internet


Etika dalam kamus Bahasa Indonesia memiliki artian tingkah laku; tata krama; dan sopan santun. Etika dalah suatu ilmu yang menggunakan tingkah laku manusia sebagai objeknya dan memiliki cara pandang yang normatif karena dapat dilihat sisi positif dan negatif dari tingkah laku manusia tersebut. Sedangkan menulis merupakan kegiatan merangkai sebuah kata menjadi suatu kalimat yang padu. Selain itu, menulis adalah sebuah kegiatan yang memanfaat kinerja otak kita sendiri karena dari otak kita inilah muncul banyaknya gagasan, imajinasai atau bahkan inspirasi. Dalam hal ini, penulisan dilakukan di dunia maya atau yang sering kita dengar dengan sebuatan internet.
Dasarnya, Indonesia kini merupakan negara demokrasi yang secara bebas memberikan setiap kesempatan kepada semua elemen masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka. Baik itu secara lisan ataupun tulisan. Pada jaman yang kian maju ini, teknologi tak kalah pesatnya menunjukkan eksistensinya  sebagai salah satu kebutuhan tersier masyarakat untuk membantu menyelesaikan tugas keseharian mereka. Contohnya internet. Internet merupakan media sederhana penyamapaian tulisan kita secara elektronik yang kemudian semua orang di dunia ini dapat membaca kata demi kata yang kita tuangkan dalam setiap tulisan yang kita buat. Akan tetapi sering kali kegiatan menulis ini dianggap sulit sebagian orang karena tidak mudah menuangkan apa yang ada di pikiran kita, apa yang ingin kita ucapkan, lalu harus dirangkaum dan dibuat dalam bentuk sebuah tulisan. Penyebabnya karena terkadang apa yang kita pikirkan terlalu rumit sehingga hal yang sederhana saja sulit untuk dituliskan.
Percaya diri merupakan faktor utama yang harus diterapkan. Bagaimana bisa seorang yang lain dapat mengerti tulisan yang kita buat kalau dari diri kita sendiri saja tidak yakin dengan apa yang kita tulis. Selain tulisan tersebut merupakan gagasan dari otak kita, tak jarang kita juga mengembangkan hasil tulisan yang pernah dibuat oleh orang lain. Nah, menulis di internet harus transparasi dan jelas mencantumkan dari mana sumber itu didapat. Kejujuran adalah modal dasar yang harus kita tanamkan pada diri kita sendiri. Kita harus menghargai pembuat dari hasil tulisan itu sendiri. Kalau tulisan kita ingin dihargai oleh orang lain, kita juga harus menghargai para pembuat tulisan yang sebelumnya kan? Gak mau juga kan kalau kita dipandang sebagai plagiat hasil tulisan orang lain? Kalau hal tersebut sudah dilakukan, kenapa kita harus takut menyampaikan tulisan yang kita buat?
Kembangkan ide yang kita miliki. Hambatan yang sering kita temukan adalah ketika kita sudah kehabisan kosa kata. Kalau kaya gitu, kita harus bagaimana? Pertama, tulis saja semua apa yang ada di pikiran kita. Pikirkan secara sederhana. Apa, bagaimana, mengapa, kapan, dan dimana isi tulisan yang ingin kita buat. Setelah hal itu sudah dilakukan, lihat kembali. Susun kalimat demi kalimat secara logis dan runtut sehingga hasil yang dibuat memiliki makna.
Kemudian perbanyaklah membaca. Dari membaca, wawasan yang kita miliki jadi semakin bertambah sehingga pikiran kita tidak terkotak-kotak dengan apa yang sudah kita ketahui saja. Apa yang belum kita ketahui harus kita ulas agar pola pikir kita menjadi semakin berkembang.
Terakhir, sering-seringlah berlatih agar kita semakin terampil dalam kegiatan membuat tulisan ini. Ada banyak manfaat yang kita dapat jika kita sering berlatih. Yang paling utama adalah pemilihan kosa kata yang tepat. Gak mau kan kalau setiap kata yang kita tuliskan tidak memiliki makna atau bahkan malah melecehkan? Karena visi misi yang harus kita miliki ketika membuat sebuah tulisan adalah jangan hanya digunakan sebagai tulisan yang biasa. Tulisan yang hanya sedekar dibaca oleh orang lain. Tetapi harus lebih dari pada itu. Tulisan yang kita buat harus memiliki manfaat dan dumber inspirasi yang kuat bagi para pembaca.
Setelah kita mengulas apa saja yang diperlukan dalam membuat sebuah tulisan, kita juga harus memperhatikan etika yang diberlakuakan ketika membuat sebuah tulisan elektronik dengan media internet. Karena perlu disadari bahwa kegiatan menulis secara elektronik ini memiliki aturan atau kita sebut dengan etika menulis di internet. Mengapa demikian? Alasasan utamanya mudah. Karena media yang kita gunakan (re: internet) merupakan sebuah system jaringan secara global atau mendunia sehingga siapan pun bisa membaca karya tulis yang kita buat. Etika menulis merupakan sebuah aturan atau kaidah yang kita guanakan sebagai batasan ketika membuat sebuah tulisan.
Sebenarnya pemerintah membuat sebuah undang-undang yang dalam kaitannya dengan etika menulis pada media elektronik khusunya di internet. Pertama, dilarang mempublikasikan dokumen dalam bentuk apa pun yang berhubungan dengan sara. Kedua, jangan terlalu sering menulis kata atau kalimat dengan huruf kapital karena dapat membuat si pembaca merasa tersinggung. Ketiga, jangan mengulang-ulang kata atau kalimat terlebih yang memiliki makna yang sama. Keempat, dilarang mengakses komputer orang lain tanpa izin untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Kelima, dilarang melakuakn penyadapan terhadap informasi elektronik atau menggunakan program key logging. Keenam, dilarang melakukan hal-hal yang menyebabkan terganggunya sistem informasi. Ketujuh, dilakukan penggandaan pendistribusian atau memproduksi sesuatu yang digunakan untuk mendukung keperluan melakukan perbuatan yang dilarang yang telah disebutkan di atas. Terakhir, dilarang memanipulasi, mengubah, menghilangkan, dan merusak dengan tujuan menjadikan suatu informasi elektronis atau dokumen elektronis seperti otentik.
Larangan-larangan yang telah disebutkan pada paragraph sebelumnya merupkan acuan kita dalam membuat sebuah tulisan karena kita wajib mempertanggungjawabkan isi dari tulisan yang kita buat. Berhati-hati dalam mebuat sebuah tulisan itu perlu. Jika tidak berhati-hati, tanpa disengaja kita membuat sebuah tulisan yang menyinggung beberapa pihak lain karena sekali lagi, penyebaran ini dilakukan melalui internet yang dapat dibaca oleh siapa saja. Salah-salah, tulisan yang kita buat bisa membawa kita ke meja hijau.
Akhir kata… jangan pernah takut untuk membuat sebuah tulisan. Menulis adalah kegiatan positif untuk menyalurkan aspirasi kita terlebih yang sudah disebutkan di awal artikel ini kiat-kiat jitu untuk meningkatkan hasrat kita untuk menulis. Asal… kita tidak lupa dengan etika atau batasan atau kaidah yang berlaku dalam membuat sebuah tulisan agar tulisan yang kita buat bermanfaat bagi orang lain bukan merugikan orang lain.

Referensi:
http://kuncimarketing.com/3-cara-menulis-artikel-dan-kembangkan-ide-bisnis-internet-anda/
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/etika-penulisan-di-internet-19/

Comments

Cute Running Puppy